Card image cap
HOT NEWS - MEN CORNER
7 Cara Menjaga Kesehatan Penis untuk Pria

1. Membersihkan Penis

Kebersihan penis adalah salah satu hal yang penting untuk menjadikannya sehat. Tujuannya bukan hanya untuk menghindarkan penis dari bakteri, tapi juga untuk memastikan supaya kelembapan penis ini terjaga. Media pembersih paling baik adalah air hangat, yang juga baik untuk mencegah ejakulasi dini. Hindari penggunaan sabun yang bisa menyebabkan iritasi pada organ intim karena kandungan zat kimianya.


2. Rajin periksa kesehatan Penis

Kamu bisa melakukan hal yang satu ini saat mandi. Periksalah keadaan penis dengan merabanya, apakah terdapat benjolan atau perubahan tertentu. Dengan melakukannya secara rutin setiap hari, maka kamu sudah berupaya mencegah masalah-masalah seperti kanker testis, misalnya. Nah, ketika memeriksa dan menemukan benjolan atau perubahan yang tidak normal, jangan malu untuk segera memeriksakannya ke dokter ya!


3. Berhenti merokok

Kamu perlu tahu bahwa perokok memiliki risiko disfungsi ereksi dua kali lebih besar karena kandungan nikotin yang membatasi aliran darah penis dan melemahkan ereksi. Kondisi ini pun akan membuat penumpukan plak pada arteri semakin banyak. Akibatnya, pembuluh darah akan menjadi kurang reaktif. Selain itu, zat kimia beracun yang ada dalam rokok juga berpotensi merusak jaringan penis dan menurunkan kualitas sperma.


4. Minum banyak air putih

Cara menjaga kesehatan penis yang paling mudah adalah dengan cara ini. Sebab, air memegang banyak peranan penting untuk kesehatan tubuh, termasuk kesehatan organ vital. Air mampu membuang banyak racun dari tubuh serta mempertahankan jumlah darah dan oksigen dalam penis. Nah, kalau asupan air putih dalam tubuhmu cukup, hal ini juga akan membantu penis untuk rutin ereksi setiap hari.


5. Tidur lebih awal

Tahukah kamu bahwa kadar testosteron pada laki-laki memuncak di pagi hari? Karena itulah, pola tidur yang kurang baik, dalam hal ini termasuk jumlah jam tidur yang kurang dari tujuh jam akan memengaruhi kualitas tidur secara keseluruhan dan kesehatan seksual. Beberapa penyakit yang dipicu dari pola tidur buruk dan berkontribusi pada isu seksual antara lain adalah tekanan darah tinggi dan diabetes.


6. Konsumsi ikan lebih banyak

Asam lemak omega 3, DHA, dan EPA baik untuk kesehatan jantung dan penis. Kandungan-kandungan tersebut bisa dengan mudah kamu temui pada ikan laut. Jadi, mulai sekarang kamu bisa mengonsumsi ikan lebih sering lagi ya. Tapi ada hal yang perlu diingat, yaitu racun seperti PCB dpada beberapa jenis ikan justru akan mengurangi sperma dan kadar testosteron. Karena itulah, kamu dituntut untuk lebih selektif dalam memilih ikan yang akan dikonsumsi.


7. Rajin berjalan kaki

Dalam sebuah penelitian, peneliti menemukan bahwa pria yang berjalan kaki sejauh dua mil sehari lebih aman dari ancaman disfungsi ereksi daripada pria yang hanya berdiam diri dan bermalas-malasan di rumah. Jogging selama 20 menit atau latihan beban selama 30 menit akan bekerja juga untuk kesehatan penis, lho. Jangan malas bergerak lagi ya!

Kesehatan penis adalah hal utama bagi para pria. Kalau kamu sepakat, tak ada salahnya untuk mempraktikkan 7 cara menjaga kesehatan penis di atas, kan?

RELATED NEWS